Sabtu, 08 Desember 2012

Soal Latihan Dinamika Partikel

Below is about the dynamics of the particles that I prepare for my friends who want to master more skillful training on the dynamics of the particles ....
congratulations learning and success .. spirit of physics ..


  1. “ Jika Resultan Gaya Yang Bekerja Pada Suatu Benda Sama Dengan Nol Maka Benda Itu Akan Diam Atau Bergerak Lurus Atau Beraturan”.  Pernyataan Diatas Merupakan Pernyataan Hukum Newton Ke Berapa……
  1. “ Percepatan Yang Dialami Sebuah Benda Sebanding Dengan Jumlah Gaya Yang Bekerja Pada Benda Itu, Dan Berbanding Terbalik Dengan Massanya.” Pernyataan Diatas Merupakan Hokum Newton Ke………….
  1. “ Jika Gaya Yang Diberikan Pada Suatu Benda (Aksi) Maka Benda Yang Dikenai Gaya Tersebut Akan Memberikan Reaksi Yang Besarnya Sama Dengan Gaya Aksi, Tetapi Arahnya Berlawanan. Pernyataan Tersebut Merupakan Bunyi Hokum Newton Ke …..
  1. Apabila Ada Sebuah Benda, Ada Gaya Yang Tegak Lurus Dengan Permukaan Bidang Tersebut, Maka gaya tesebut dinamakan………
  1. Gaya Gesekan Yang Cenderung Membuat Benda Tersebut Diam Atau Benda Tepat Akan Bergerak Merupakan Gaya Gesek……..
  1. Gaya Gesekan Yang Cenderung Membuat Benda Bergerak, Merupakan Gaya Gesekan……….
  1. Rumus Dari Gaya Sentripetal Adalah……….
  1. “ Gaya Yang Bekerja Pada Benda Yang Bergerak Melingkar Beraturan Dengan Arah Menuju Pusat Lingkaran, Disebut Dengan Gaya............
  1. Untuk Dinamika Rotasi, Persamaan Atau Rumus Hukum Newton Ke 2 Dalam Bentuk Rotasi Adalah........
  1. Dalam Dinamika Rotasi, Persamaan Energi Kinetik Rotasi Adalah..........
  1. Sebuah Gaya 40 N Di Kerjakan Pada Sebuah Balok Yang Diam Di Atas Permukaan Horizontal Licin ( Massa Balok ; 20 Kg). Carilah Percepatan Balok Tersebut ?
  1. Sebuah Gaya 100 N Di Kerjakan Pada Sebuah Balok Yang Diam Di Atas Permukaan Horizontal Licin ( Massa Balok ; 20 Kg). Carilah Percepatan Balok Tersebut ?
  1. Sebuah Gaya 120 N Di Kerjakan Pada Sebuah Balok Yang Diam Di Atas Permukaan Horizontal Licin ( Massa Balok ; 20 Kg). Carilah Percepatan Balok Tersebut ?
  1. Sebuah Gaya 200 N Di Kerjakan Pada Sebuah Balok Yang Diam Di Atas Permukaan Horizontal Licin ( Massa Balok ; 20 Kg). Carilah Percepatan Balok Tersebut ?
  1. Sebuah Gaya 160 N Di Kerjakan Pada Sebuah Balok Yang Diam Di Atas Permukaan Horizontal Licin ( Massa Balok ; 20 Kg). Carilah Percepatan Balok Tersebut ?
  1. Sebuah Balok Bermassa 20 Kg Di Tempatkan Pada Sebuah Bidang Miring Licin Yang Membentuk Sudut 30 Derajat  Terhadap Horizontal (Tidak Ada Gaya Luar Yang Bekerja Pada Balok) Berapakah Percepatan Balok Tersebut? Gunakan g ; 10 m/s.
  1. Sebuah Balok Bermassa 40 Kg Di Tempatkan Pada Sebuah Bidang Miring Licin Yang Membentuk Sudut 30 Derajat  Terhadap Horizontal (Tidak Ada Gaya Luar Yang Bekerja Pada Balok) Berapakah Percepatan Balok Tersebut? Gunakan g ; 10 m/s.
  1. Sebuah Balok Bermassa 60 Kg Di Tempatkan Pada Sebuah Bidang Miring Licin Yang Membentuk Sudut 30 Derajat  Terhadap Horizontal (Tidak Ada Gaya Luar Yang Bekerja Pada Balok) Berapakah Percepatan Balok Tersebut? Gunakan g ; 10 m/s.
  1. Sebuah Balok Bermassa 80 Kg Di Tempatkan Pada Sebuah Bidang Miring Licin Yang Membentuk Sudut 30 Derajat  Terhadap Horizontal (Tidak Ada Gaya Luar Yang Bekerja Pada Balok) Berapakah Percepatan Balok Tersebut? Gunakan g ; 10 m/s.
  1. Sebuah Balok Bermassa 100 Kg Di Tempatkan Pada Sebuah Bidang Miring Licin Yang Membentuk Sudut 30 Derajat  Terhadap Horizontal (Tidak Ada Gaya Luar Yang Bekerja Pada Balok) Berapakah Percepatan Balok Tersebut? Gunakan g ; 10 m/s.
  1. Sebuah Gaya Bekerja Pada Sebuah Balok Bermassa 20 kg Sehingga Balok Tersebut Mendapatkan Percepatan Sebesar  3 M/S2. Berapakah Percepatan Yang Dihasilkan Oleh Gaya Yang Sama Pada Benda Bermassa 4 Kg?
  1. Sebuah Gaya Bekerja Pada Sebuah Balok Bermassa 10 Kg Sehingga Balok Tersebut Mendapatkan Percepatan Sebesar  40 M/S2. Berapakah Percepatan Yang Dihasilkan Oleh Gaya Yang Sama Pada Benda Bermassa 20 Kg?
  1. Sebuah Gaya Bekerja Pada Sebuah Balok Bermassa 100 Kg Sehingga Balok Tersebut Mendapatkan Percepatan Sebesar  20 M/S2. Berapakah Percepatan Yang Dihasilkan Oleh Gaya Yang Sama Pada Benda Bermassa 20 Kg?
  1. Sebuah Gaya Bekerja Pada Sebuah Balok Bermassa 10 Kg Sehingga Balok Tersebut Mendapatkan Percepatan Sebesar   100 M/S2. Berapakah Percepatan Yang Dihasilkan Oleh Gaya Yang Sama Pada Benda Bermassa 25 Kg?
  1. Sebuah Gaya Bekerja Pada Sebuah Balok Bermassa 120 Kg Sehingga Balok Tersebut Mendapatkan Percepatan Sebesar  3 M/S2. Berapakah Percepatan Yang Dihasilkan Oleh Gaya Yang Sama Pada Benda Bermassa 10 Kg?
  1. Sebuah Benda Berada Diatas Bidang Datar Kasar Dengan Koefisien Gesekan Statis 0,4 Dan Koefisien Gesekan Kinetik 0,3. Jika Massa Benda 10 Kg Ditarik Dengan Gaya 50N Mendatar dan gaya gravitasi 10 m/s, hitunglah percepatan benda tersebut?
  1. Sebuah Benda Berada Diatas Bidang Datar Kasar Dengan Koefisien Gesekan Statis 0,3 Dan Koefisien Gesekan Kinetik 0,2. Jika Massa Benda 10 Kg Ditarik Dengan Gaya 50N Mendatar, hitunglah percepatan benda tersebut?
  1. Sebuah Benda Berada Diatas Bidang Datar Kasar Dengan Koefisien Gesekan Statis 0,4 Dan Koefisien Gesekan Kinetik 0,3. Jika Massa Benda 10 Kg Ditarik Dengan Gaya 80N Mendatar, hitunglah percepatan benda tersebut?
  1. Sebuah Benda Berada Diatas Bidang Datar Kasar Dengan Koefisien Gesekan Statis 0,4 Dan Koefisien Gesekan Kinetik 0,3. Jika Massa Benda 10 Kg Ditarik Dengan Gaya 60N Mendatar, hitunglah percepatan benda tersebut?
  1. Sebuah Benda Berada Diatas Bidang Datar Kasar Dengan Koefisien Gesekan Statis 0,4 Dan Koefisien Gesekan Kinetik 0,5. Jika Massa Benda 10 Kg Ditarik Dengan Gaya 120N Mendatar, hitunglah percepatan benda tersebut?
  1. Seutas Tali Dipasang Pada Katrol Dan Ujung-Ujung Tali Diberi Beban 4 Kg Dan 6 Kg. Jika Gesekan Tali Dengan Katrol Diabaikan dan gravitasi 10 m/s. Hitunglah Percepatan Sistem Tersebut?
  1. Seutas Tali Dipasang Pada Katrol Dan Ujung-Ujung Tali Diberi Beban 10 Kg Dan 30 Kg. Jika Gesekan Tali Dengan Katrol Diabaikan dan gravitasi 10 m/s. Hitunglah Percepatan Sistem Tersebut?
  1. Seutas Tali Dipasang Pada Katrol Dan Ujung-Ujung Tali Diberi Beban 4 Kg Dan 16 Kg. Jika Gesekan Tali Dengan Katrol Diabaikan dan gravitasi 10 m/s. Hitunglah Percepatan Sistem Tersebut?
  1. Seutas Tali Dipasang Pada Katrol Dan Ujung-Ujung Tali Diberi Beban 20 Kg Dan 30 Kg. Jika Gesekan Tali Dengan Katrol Diabaikan dan gravitasi 10 m/s. Hitunglah Percepatan Sistem Tersebut?
  1. Seutas Tali Dipasang Pada Katrol Dan Ujung-Ujung Tali Diberi Beban 15 Kg Dan 35 Kg. Jika Gesekan Tali Dengan Katrol Diabaikan dan gravitasi 10 m/s. Hitunglah Percepatan Sistem Tersebut?
  1. Sebuah Benda Massa 10 Kg Berada Pada Bidang Datar Yang Licin Dan Dikerjakan Gaya Tetap 50 N. Tentukan Kecepatan Benda Selama 10 Second?
  1. Sebuah Benda Massa 10 Kg Berada Pada Bidang Datar Yang Licin Dan Dikerjakan Gaya Tetap 50 N. Tentukan Kecepatan Yang Di Tempuh Benda Selama 6 Second?
  1. Sebuah Benda Massa 10 Kg Berada Pada Bidang Datar Yang Licin Dan Dikerjakan Gaya Tetap 50 N. Tentukan Kecepatan Benda Selama 8 Second?
  1. Sebuah Benda Massa 10 Kg Berada Pada Bidang Datar Yang Licin Dan Dikerjakan Gaya Tetap 50 N. Tentukan Kecepatan Benda Selama 30 Second?
  1. Sebuah Benda Massa 10 Kg Berada Pada Bidang Datar Yang Licin Dan Dikerjakan Gaya Tetap 50 N. Tentukan Kecepatan Benda Selama 20 Second?
  1. Sebuah Benda Mendapat Gaya Sebesar 30 Newton, Sehingga Dalam Waktu 6 Detik Kecepatannya Menjadi 30 M/S Dari Keadaan Diam. Berapakah Berat Benda Jika g : 10 m/s2?
  2. Sebuah Benda Mendapat Gaya Sebesar 30 Newton, Sehingga Dalam Waktu 6 Detik Kecepatannya Menjadi 36 M/S Dari Keadaan Diam. Berapakah Berat Benda Jika g : 10 m/s2?
  1. Sebuah Benda Mendapat Gaya Sebesar 30 Newton, Sehingga Dalam Waktu 6 Detik Kecepatannya Menjadi 48 M/S Dari Keadaan Diam. Berapakah Berat Benda Jika g : 10 m/s2?
  1. Sebuah Benda Mendapat Gaya Sebesar 35 Newton, Sehingga Dalam Waktu 6 Detik Kecepatannya Menjadi 30 M/S Dari Keadaan Diam. Berapakah Berat Benda Jika g : 10 m/s2?
  1. Sebuah Benda Mendapat Gaya Sebesar 50 Newton, Sehingga Dalam Waktu 6 Detik Kecepatannya Menjadi 30 M/S Dari Keadaan Diam. Berapakah Berat Benda Jika g : 10 m/s2?
  1. Benda Bermassa 5 Kg Yang Mula-Mula Diam Dipercepat Oleh Suatu Gaya Tetap 10 N. Setelah Menempuh Jarak 9 M. Kelajuan Benda Tersebut Adalah......m/s
  1. Benda Bermassa  4 Kg Yang Mula-Mula Diam Dipercepat Oleh Suatu Gaya Tetap 10 N. Setelah Menempuh Jarak 5 M. Kelajuan Benda Tersebut Adalah......m/s
  1. Benda Bermassa 5 Kg Yang Mula-Mula Diam Dipercepat Oleh Suatu Gaya Tetap 10 N. Setelah Menempuh Jarak 8 M. Kelajuan Benda Tersebut Adalah......m/s
  1. Benda Bermassa 5 Kg Yang Mula-Mula Diam Dipercepat Oleh Suatu Gaya Tetap 20 N. Setelah Menempuh Jarak 9 M. Kelajuan Benda Tersebut Adalah......m/s
  1. Benda Bermassa 5 Kg Yang Mula-Mula Diam Dipercepat Oleh Suatu Gaya Tetap 50 N. Setelah Menempuh Jarak 9 M. Kelajuan Benda Tersebut Adalah......m/s
  1. Sebuah Benda Berada Diatas Bidang Datar Kasar Dengan Koefisien Gesekan Statis 0,4 Dan Koefisien Gesekan Kinetik 0,3. Jika Massa Benda 10 Kg Ditarik Dengan Gaya 50N Mendatar, Jika Mula-Mula Diam, Setelah 5 Detik Gaya 50 Newton, Dihilangkan, Hitunglah Jarak  Yang Ditempuh Benda Mulai Bergerak Hingga Berhenti?
  2.  
  1. Sebuah Benda Massa 10 Kg Berada Pada Bidang Datar Yang Licin Dan Dikerjakan Gaya Tetap 50 N. Tentukan Kecepatan Dan Jarak Yang Di Tempuh Benda Selama 6 Second?
  1. Sebuah Benda Yang Massanya 1 Kg Bergerak Dengan Kecepatan 20 M/S, Kemdian Diberikan Gaya Tetap 4 N Searah Dengan Gaya Benda Tersebut. Kecepatan Benda Setelah 10 Sekon Adalah…….
  1. Sebuah Benda Berada Di Bidang Miring Kasar Dengan Sudut 37 Derajat Dan Koefisien Gesekan Kinetiknya 0,2. Jika Massa Benda 5 Kg, Ditarik Dengan Gaya 10 Newton. Tentukan Arah Gerak Benda, Tentukan Jarak Yang Ditempuhnya Selama 5 Detik Jika Mula-Mula Dalam Keadaan Diam?(Sin 37: 0,6 Dan Cos 37 ; 0,8)
  1. Sebuah Benda Mendapat Gaya Sebesar 30 Newton, Sehingga Dalam Waktu 6 Detik Kecepatannya Menjadi 30 M/S Dari Keadaan Diam. Berapakah Berat Benda Jika g : 10 m/s2?
  1. Kendaraan Yang Massanya 1000 Kg Bergerak Dari Kecepatan 10 M/S Menjadi 20 M/S Selama 5 Detik. Berpakah Gaya Yang Bekerja Pada Benda Tersebut?
  1. Seutas Tali Dipasang Pada Katrol Dan Ujung-Ujung Tali Diberi Beban 4 Kg Dan 6 Kg. Jika Gesekan Tali Dengan Katrol Diabaikan. Hitunglah Tegangan Tali Tersebut?
  1. Dalam Sebuah Lift Ditempatkan Sebuah Timbangan Badan. Saat Lift Dalam Keadaan Diam Seseorang Menimbang Badannya, Didapatkan Bahwa Berat Orang Tersebut 500 Newton. Jika Lift Bergerak Ke Atas Dengan Percepatan 5 M/S2, Maka Skala Timbangan Akan Menunjukkan Angka........N 750
  1. Lima Buah Benda (Sebutlah Balok) Masing-Masing Bermassa 2 Kg, 3 Kg, 4 Kg, 5 Kg Dan, 6 Kg. Dihubungkan Dengan Tali-Tali Tanpa Massa (Halus). Lalu Di Tarik Mendatar Diatas Lantai Dengan Gaya Sebesar 40 Newton Seperti Gambar Di Bawah Ini. Koefisien Gesek Antara Masing-Masing Benda Di Lantai 0,1. Percepatan Gravitasi 10 M/S2. Besar Tegangan Tali Penghubung Benda 3 Kg Dan 2 Kg Adalah.....


 

  1.  Balok A Bermassa ; 1 Kg Dan Balok B Bermassa ; 2 Kg Disusun Seperti Gambar Di Bawah Ini, (G= 10 M/S2). Bila Koefisien Gesekan Lantai = 2 Kali Koefisien Gesekan Balok B, Balok Sesaat Balok A Bergerak Dengan Percepatan Tertentu. Maka Perbandingan Gaya Gesekan Antara Balok A Dan Lantai Dengan Balok A Dan B Adalah.......


 

  1. Dua Buah Benda A Dan B Diikatkan Pada Ujung-Ujung Tali Yang Disangkutkan Pada Katrol, Seperti Gambar. Massa Kedua Benda Masing-Masing Ma= 8 Kg Dan Mb 2 Kg ( G ; 10 M/S2 ). Sudut Kemiringan Bidang Terhadap Horizontal 30 Derajat. Jika Bidang Miring Licin Sempurna, Tentukan Percepatan Dan Tegangan Tali?
  1. Sebuah Balok Bermassa 10 Kg Meluncur Pada Bidang Miring Licin Seperti Gambar Dengan Sudut Kemiringan 30 Derajat, Jika G= 10 M/S2 Maka Gaya Normal Benda Pada Bidang Miring Adalah ........
  1. Mobil 700 Kg Mogok Di Jalan Yang Mendatar. Kabel Horizontal Mobil Derek Yang Di Pakai Untuk Menggereknya Akan Putus Jika Tegangan Di Dalamnya Melebihi 1400 N. Percepatan Maksimum Yang Dapat Diterima Mobil Mogok Itu Dari Mobil Derek Adalah.........
  1. Benda Dengan Massa 50 Kg Bergerak Dengan Kecepatan 4m/S.Besar Gaya Perlawanan Yang Diperlukan Agar Benda Terssebut Tepat Berhenti 10 M Dari Tempat Semula Gaya Mulai Beraksi Adalah.........
  1. Sebuah Bola Sepak Yang Massanya 0,5 Kg Bergerak Dengan Kelajuan 2 M/S. Pemain Sepak Bola Menendang Searah Dengan Gerakan Bola Dengan Gaya 50 Newton. Menempuh Jarak Berapakah Sentuhan Kaki Pemain  Agar Kelajuan Bola Menjadi 4 M/S?
  1. Seseorang Dengan Massa 60 Kg Berada Dalam Elevator Yang Sedang Bergerak Ke Bawah Dengan Percepatan 3 M/S2 . Jika Percepatan Gravitasi Bumi 10 M/S2, Gaya Desakan Kaki  Pada Lantai Elevator Adalah............
  1. Balok A Bermassa 3 Kg Dan Balok B Bermassa 2 Kg Diikat Pada Katrol Balok A Menyentuh Permukaan Sedangkan Balok B Digantungkan Jatuh Kearah Lantai. Balok B Mula-Mula Diam, Lalu Bergerak Kebawah Sehingga Menyentuh Lantai. Selang Waktu Yang Diperlukan Untuk Bergerak Menyentuh Lantai Adalah Jika Jarak  Balok B Dari Lantai 32 M Dan G = 10 M/S2?
  1. Dua Buah Balok Dihubungkan Dengan Tali Dan Digantungkan Pada Katrol Licin. Katrol Diaanggap Tidak Bermassa Dan Liicin, Percepatan Gravitasi 10 M/S2. Bila Massa Balok A = 1 Kg Dan Balok B= 4 Kg, Hitunglah Percepatan Balok Tersebut?
  1. Sebuah Benda Dengan Massa 100 Kg Ditarik Dengan Tali Dan Bergerak Keatas Dengan Percepatan 2 M/S2 Maka Besar Tegangan Tali Adalah........
  2. Ketika Suatu Benda Di Beri Gaya 40 N Akan Mengalami Percepatan Sebesar 2 M/S2. Jika Benda Tersebut Di Beri Gaya 60 N, Maka Percepatan Benda Menjadi......
  1. Sebuah Balok Bermassa 800 Gram Diatas Bidang Datar Kasar Yang Memiliki Koefisien Gesekan 0,4. Bila Balok Di Dorong Oleh Gaya Konstan Mendatar 4 Newton, Maka Balok Akan Mendapat Percepatan Sebesar.....
  1. Gaya F Sebesar 12 N Bekerja Pada Sebuah Benda Yang Massa M1 Menyebabkan Percepatan Sebesar 8 M/S2. Jika F Bekerja Pada Benda Yang Massaya M2 Maka Percepatan Yang Ditimbulkan Adalah 2 M/S2. Jika F Bekerja Pada Benda Yang Massa M1+M2 Maka Percepatan Benda Ini Adalah..............
  1. Dua Buah Balok (Massa A = 45 Kg Dan Massa B = 30 Kg) Bersentuhan Diam Diatas Lantai Licin. Jika Gaya Horizontal F Sebesar 150 Newton Bekerja Pada Balok A, Percepatan Yang Timbul Pada Masing-Masing Balok Adalah..............M/S2
  1. Perhatikan Gambar Dibawah
Massa Benda Satu Dan Dua Masing-Masing 6 Kg Dan 2 Kg. Hitung Percepatan Dan Tegangan Tali Jika G = 10 M/S2      ?
  1. Suatu Massa Standard Diberi Gaya F Sehingga Bergerak Dipercepat Dengan Percepatan 2. M/S2. Hitung Massa Sebuah Benda Yang Jika Mendapat Gaya F Akan Percepatan 4 M/S2
77.  Gaya (F) Sebesar 12 N Bekerja Pada Sebuah Benda Yang Massanya M1 Menyebabkan Percepatan M1 Sebesar 8 Ms-2. Jika F Bekerja Pada Benda Yang Bermassa M2 Maka Percepatan Yang Ditimbulkannya Adalah 2 Ms-2. Jika F Bekerja Pada Benda Yang Bermassa M1 + M2, Maka Percepatan Benda Ini Adalah
78.  Mobil 700 Kg Mogok Dijalan Yang Mendatar. Kabel Horizontal Mobil Derek Yang Dipakai Untuk Mengereknya Akan Putus Jika Tegangan Didalamnya Melebihi 1400 N. Percepatan Maksimum Yang Dapat Diterima Mobil Mogok Itu Dari Mobil Derek Adalah
  1. Sebuah Benda Massa 4 Kg Bergerak Dengan Kecepatan 2 Ms-1. 6 Detik Kemudian Benda Itu Bergerak Dengan Kecepatan 5 Ms-1. Resultan Gaya Yang Dikerjakan Pada Benda Selama 6 Detik Tersebut Adalah
  1. Benda Dengan Massa 50 Kg Bergerak Dengan Kecepatan 4 M/S. Besar Gaya Perlawanan Yang Diperlukan Agar Benda Tersebut Dapat Tepat Berhenti 10 Meter Dari Tempat Semula Gaya Mulai Beraksi Adalah :
  1. Untuk Menggerakan Sebuah Balok Kayu Dengan Kecepatan Konstan Diperlukan Sebuah Gaya 10 N. Bila Gaya 30 N Diberikan, Balok Itu Bergerak Dengan Percepatan 4 Ms-2. Jika Sebuah Balok Yan Sejenis Diletakkan Diatas Balok Yang Pertama Dan Gaya 30 N Tetap Diberikan, Maka Percepatan Balok Adalah:
  1. Besar Gaya Yang Diperlukan Untuk Mendorong Sebuah Balok Kayu Seberat 150 N Sehingga Mendaki Sepanjang Bidang Miring Licin Yang Membentuk Sudut 30o Terhadap Arah Mendatar Dengan Percepatan 3,0 M/S2 Adalah
  1. Sewaktu Berada Dalam Lift Yang Diam Berat Sandi Adalah 500 N. Percepatan Gravitasi = 10 M/S2 . Sewaktu Lift Dipercepat, Berat Sandi Menjadi 750 N. Dengan Demikian Percepatan Lift Adalah
  1. Seorang Dengan Massa 60 Kg Berada Dalam Lift Yang Sedang Bergerak Ke Bawah Dengan Kecepatan 3ms-2 . Jika Percepatan Gravitasi Bumi = 10 Ms-2 , Maka Gaya Desakan Kaki Orang Pada Lantai Lift Adalah
  1. Seorang Anak Berada Di Dalam Lift Yang Bergerak Ke Atas Dengan Percepatan 4 Ms-2. Jika Massa Anak 40 Kg Dan Percepatan Gravitasinya 10 Ms-2 , Maka Gaya Normal (N) Yang Bekerja Pada Anak Tersebut Adalah :
  1. Balok I Massanya 1 Kg Dan Balok Ii Massanya 2 Kg Terletak Diatas Lantai Licin Seperti Pada Gambar. Jika Gaya F = 6 N Maka Gaya Kontak Antara Kedua Balok Adalah
  1. Sebuah Benda Bergerak Dengan Percepatan 2 M/S2, Jika Massa Benda Itu 5 Kg. Berapa Resultan Gaya Yang Bekerja Pada Benda Ini?
  1. Sebuah Gaya Bekerja Pada Sebuah Benda Bermassa M1 Sehingga Benda Tersebut Dipercepat Dengan Percepatan 2 M/S-2. Gaya Yang Sama Bekerja Pada Benda Lain Bermassa M2. Percepatan Yang Ditimbulkan Adalah 3 M/S2. Hitung Perbandingan Kedua Massa Tersebut. Jika Kedua Massa Digabung Hitung Percepatan Yang Dihasilkan Dengan Menggunakan Gaya Yang Sama !
  1. Suatu Massa Standard Diberi Gaya F Sehingga Bergerak Dipercepat Dengan Percepatan 5 M/S2. Jika Gaya Sama Diberikan Pada Benda Lain Yang Ternyata Percepatan Yang Ditimbulkan Adalah 8 M/S2. Hitung Massa Benda Ini !
  1. Suatu Balok Ditarik Dengan Gaya 5 N. Balok Berada Di Atas Lantai Licin Sekali. Hitung Percepatan Yang Dialami Benda Ini. Anggap Tali Tidak Bermassa. Massa Balok 2 Kg !
  1. Sebuah Benda Dari 3 Kg Bergerak Dari Keadaan Diam Dan Menempuh Jarak 5 M Dalam Waktu 2s Akibat Pengaruh Gaya F. Hitung F?
  1. Sebuah Peluru Massanya 5 Gram Ditembakan Dari Sebuah Senapan. Kecepatan Keluar Peluru Dari Senapan Adalah 300 M/S. Panjang Senapan 1 M. Hitung Berapa Gaya Rata-Rata Yang Dialami Peluru Ini? (Petunjuk: Gaya Rata-Rata Adalah Massa Dikalikan Dengan Percepatan. Percepatan Dicari Dengan Menganggap Bahwa Peluru Mula-Mula Diam Lalu Setelah Menempuh Jarak 1 M Kecepatannya 300 M/S).
  1. Berapa Massa Seorang Astronot Yang Beratnya Dibulan Adalah 150 N? Percepatan Akibat Gravitasi Di Bulan 1,63 M/S2.
  1.  Seorang Menarik Koper Bermassa 15 Kg Dengan Seutas Tali Sedemikian Rupa Sehingga Koper Bergerak Dengan Kelajuan Kosntan; Tali Membentuk Sudut Terhadap Bidang Horizontal. Jika Gaya Yang Dikerjakan Oleh Orang Tersebut Adalah 30 N Dan Gaya Gesek Antara Koper Dengan Bidang Horizontal 24 N Berapa Nilai Sudutnya??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar